Pages

Showing posts with label Story. Show all posts
Showing posts with label Story. Show all posts

Sunday, April 3, 2011

Random Day, Lucky Day! (Menang Doorprize Gara-Gara Bajaj)

Apa yang kami lakukan hari ini mungkin merupakan salah satu bentuk pelampiasan dari kegalauan mahasiswa tingkat akhir yang sedang pusing memikirkan tugas akhir. Awalnya saya dan teman-teman hanya berencana mengunjungi sebuah pameran travel di Jakarta Convention Center, Senayan. Setelah dari pameran tersebut, kami mungkin hanya akan jalan-jalan mencari kuliner saja.

Oke, rencana pun dijalankan esok harinya. Kira-kira pukul 10 pagi saya berserta 5 orang teman, fika, anggun, dio, gugun dan abik berkumpul di plasma. Pukul 11 kami berangkat dari kampus naik motor menuju JCC. Untungnya jalanan dan cuaca hari ini sangat bersahabat, jalan nggak terlalu macet dan cuaca juga nggak panas, tapi nggak hujan juga, jadi adem deh gitu.

Sekitar jam 12 kami tiba di JCC. Ternyata hari ini sedang ada 2 pameran, yaitu pameran furniture dan pameran travel. Sesuai rencana, kami masuk ke pameran travel. Hmm..agak membosankan sih sebenernya pameran travel tadi, isinya perusahaan-perusahaan travel yang nawarin tour ke luar negeri. Berhubung saya belum ada niatan untuk jalan-jalan ke luar negeri dalam waktu dekat, jadi saya kurang minat ngeliatin booth-boothnya.

Di dalam pameran anggun dan fika pun jalan terpisah dari saya, gugun, abik, dan dio. Nah, akhirnya kami berempat muter-muter aja nyari sesuatu yang gratis, hehehe.. Hasilnya? saya dan teman-teman dapat buku saku peta Taiwan, buku panduan Tempat-Tempat Wisata Muslim di Taiwan, 2 majalah, dan setumpuk brosur. Akhirnya daripada bosen kami berempat foto-foto di salah satu stand (stand Macau kalo nggak salah) yang backgroundnya lumayan keren. Lumayanlah sedikit terlihat seperti foto di studio. Haha..

Semacam numpang foto gitu di JCC

Akhirnya kami berempat ketemu lagi sama fika dan anggun di depan panggung yang sedang menampilkan tarian dari Thailand. Nggak tau apa nama tariaannya, tapi dalam tarian itu menggunakan bambu panjang yang dipegang dua orang. Bambu tersebut digerakkan buka-tutup sesuai irama. Selain itu ada beberapa penari yang melangkah di antara bambu yang digerakkan tersebut, tapi kaki mereka nggak sampai terjepit bambunya. Tarian ini sebenarnya mirip dengan salah satu tarian dari Indonesia, tapi lagi-lagi saya lupa namanya.

Setelah pertunjukkan tari tersebut ada satu sesi nih yang menarik, yaitu kuis. Jadi mc akan memberikan pertanyaan seputar Thailand (karena ini lagi sesi Thailand Tourism), kemudian bagi penonton yang bisa menjawab pertanyaan akan mendapat hadiah. Saya dan teman-teman yang sedang ada di situ sih ngeliatin aja, syukur-syukur dapet hadiah. Ternyata ada 3 pertanyaan. Pertanyaan 1 tentang pusat perbelanjaan paling terkenal di Thailand berhasil dijawab oleh ibu-ibu yang sepertinya emang udah sering ke Thailand. Nah giliran pertanyaan kedua, apakah nama bajaj yang khas di Thailand? Entah ada angin apa dan semangat darimana saya langsung ngangkat tangan. Sang mc pun menyuruh saya naik ke panggung! Haduuuuuhh..apa-apaan ini Ika berani-beraninya naik ke panggung, kalo jawabannya salah malu-maluin aja! Ya udah akhirnya saya jawab aja tuh, "TUK-TUK namanya"daaaaan..ternyata bener!! XD.

Kalian mungkin ngiranya saya udah pernah tuh ke Thailand, nggak, saya belum pernah ke sana. Nah terus taunya darimana? Jadi gini, waktu jaman SMA dulu, saya sama temen-temen kadang suka naik bajaj bareng-bareng kalo pulang sekolah. Biasanya bajaj di Indonesia itu yang warnanya orange kan? Tapi waktu saya SMA sedang ada penggantian bajaj biasa dengan bajaj berbahan bakar BBG yang warnanya biru. Waktu itu saya sempat liat berita di tv kalo bajaj BBG itu namanya Tuk Tuk. Selain itu, kebetulan saya dulu juga sering nonton drama Korea Princess Hour. Nah ada salah satu episode di Princess Hour tentang Pangeran Sin yang kabur sama si Hyo Rin di Thailand, dan mereka juga naik Tuk Tuk. Namanya juga Ika Mustikawati, justru kadang hal-hal yang nggak penting, misalnya cerita filim, malah inget terus. Tapi Alhamdulillah, karena ingatan terhadap hal gak penting itu akhirnya saya mendapat goody bag berisi kalender, bolpoin, name tag, dan gantungan kunci berbentuk gajah dari Thailand. Selain itu ditonton orang-orang di pameran dan di foto segala lagi. Hahahaha....

Setelah shalat dzuhur, kami udah mulai bosen. Akhirnya sekitar jam 1 kami pergi mencari makan. Rencananya habis dari JCC itu kami mau ke Taman Ismail Marzuki. Tapi ternyata kami jadi muter-muter nggak tau jalannya. Sampai di depan Taman Ismail Marzuki sudah sekitar pukul 2, jadi kami putusin untuk makan dulu. Fika ngajak kami makan di Bakul Tukul di jalan Cikini, akhirnya kami makan di sana.

Setelah makan, kami bingung mau kemana lagi. Ke Planetarium tapi menurut jadwal, pertunjukkan bintangnnya udah telat. Akhirnya muncul ide untuk main ke monas aja. Sekitar jam 3 kami capcus ke monas.

Sore hari di monas ternyata rameee banget, apalagi hari Minggu. Ya udah deh tu kami berenam jalan ngiterin monas. Awalnya mau naik ke atas monas, tapi baru aja nyampe pintu masuk, eh orang-orang udah pada balik karena monasnya udah tutup. Akhirnya kami beralih jadi ngantri kereta gandeng untuk muterin monas (kali ini bener-bener menggambarkan contoh mahasiswa tingkat akhir yang lagi galau).

Setelah kereta gandengnya muterin lapangan monas, kami jalan untuk mencari tukang sewa sepeda gandeng atau sepeda tandem. Oh iya, sekarang di monas ternyata jadi banyak tukang sewaan sepeda seperti di kota tua lho. Tapi bedanya, di monas ini lebih banyak yang menyewakan sepeda tandem. Setelah menunggu beberapa lama, akhirnya ada juga sepeda yang kosong. Jadi ada 3 jenis sepeda tandem yang disewakan, pertama sepeda gandeng 2, kedua sepeda gandeng 2 dengan 1 boncengan, ketiga sepeda gandeng 3. Untuk sepeda gandeng 2 biaya sewanya Rp15.000/30 menit, sedangkan untuk sepeda gandeng 3 biaya sewanya Rp20.000/30 menit. Saya, fika dan anggun milih sepeda gandeng 2+1 boncengan untuk disewa.

Dan ternyata...bukannya asik sepedaan, kami malah ketawa ngakak-ngakak karena naik sepeda tandem ternyata susaaaah. Kami sampe ganti-ganti posisi, nanti saya di depan, fika di tengah, anggun di bonceng. Eh karena saya gak bisa seimbang, sepedanya meliuk-liuk, akhirnya ganti posisi jadi fika di depan, anggun di tengah, saya di bonceng. Setelah itu lumayan sepedanya bisa jalan. Tapi baru sebentar, saya nggak tahan di bonceng karena rasanya mau merosot.. XD. Akhirnya ganti posisi lagi jadi fika di depan, saya di tengah, anggun di bonceng. Payahnya, tu sepeda nggak bisa jalan lagi.
Sampai-sampai ada orang iseng bilang "Neng, yang diboncengnya ngedorong dulu.." dan si anggun pun nurut, dia turun dari sepeda dan ngedorong. Fika yang di depan, ngerasa sepeda jadi entengan dan dia nggak tau kalo anggun udah turun. Terus orang iseng tadi bilang lagi "Nah terus tinggalin aja deh tu temen yang ngedorongnya.." Wakakakakak, saya nggak berenti ketawa, si anggun di belakang teriak-teriak "wooooy...jangan tinggalin gue..." sedangkan saya nggak bisa berhenti ketawa sampai nggak sanggup bilang ke fika, yang langsung gowes sepeda kenceng banget, kalo anggun ketinggalan..Tapi untung aja nggak lama kemudian fika behrenti karena nyadar si anggun belum naik sepeda.

Sesi sepeda gandeng

Setelah itu, kami ganti posisi seperti posisi awal, saya di depan, fika di tengah, anggun di bonceng. Nah, akhirnya udah lumayan bisa menyesuaikan. Kami pun ngelilingin lapangan monas. Asyik juga, meskipun sempet berhenti-berhenti karena banyak orang lewat. Setelah puas ngelilingin monas, kami kembali ke tempat penyewaan sepeda. Si abik, dio, dan gugun nunggu di sana karena mereka nggak nyewa sepeda. Sebelum turun, kami foto-foto dulu tentu saja..

Sekitar jam 5, kami yang udah capek main setengah hari akhirnya pulang dari monas. Bener-bener ajaib hari ini, muter-muter sesuka hati keliling Jakarta secara spontan. Jalan pun sempet ngasal-ngasal. Tapi lumayanlah, hitung-hitung refreshing di sela-sela ngerjain KTTA... ^,^v

Monday, March 28, 2011

KTTA, Behind the Scene #1 (Ke KPK Sendirian dan Nyasar di Radio Dalam!)

Kisah ini berawal dari peningkatan kadar kegalauan saya karena deadline KTTA semakin dekat, 23 hari dari sekarang. Sebenarnya dari kemarin yang masih mengganjal itu 1: data untuk KTTA. Ibarat bikin kopi tanpa air, KTTA gak akan jadi tanpa adanya data. Untuk KTTA ini, saya mendapat mata kuliah Hukum Administrasi Keuangan Negara (HAKN) dan berencana mengambil objek penelitian di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mungkin teman-teman banyak yang bertanya, apa hubungannya HAKN sama KPK? Jawabannya bisa tanya langsung ke saya. Hehe..

Akhirnya dengan tekad dan nekad, saya pergi ke KPK sendirian, tanpa membawa surat survey dari kampus. Masalah surat survey ini emang bikin senewen banget, dengan deadline KTTA yang kurang dari sebulan lagi, surat survey banyak yang belum keluar. Saya pun mencoba mengikuti saran teman untuk membawa surat survey pribadi yang dilampiri Surat Keterangan Mahasiswa dari kampus.

Pukul 9 pagi saya berangkat dari rumah. Awalnya saya berencana ke KPK naik si kebo (nama motor saya), tetapi dilarang sama Mama dan Babeh. Kata mereka, saya naik busway aja dulu karena belum tau jalan kesana. Pada akhirnya keputusan tidak naik si kebo ini sangat merepotkan. Dari rumah saya naik metromini S70 sampai Blok M. Paling kesel kalo naik metromini S70 karena selain nunggunya yang lama, metromini ini jalannya lamaaaa banget. Mungkin karena nggak ada saingan angkutan umum lain dengan trayek Joglo-Blok M, jadi sang supir santai-santai aja.

Jam setengah 11 kurang 10 saya tiba di Blok M. Alhamdulillah halte busway tidak terlalu ramai dan buswaynya pun cepat datang. Saya naik busway dari Blok M ini dan transit di halte Dukuh Atas untuk ganti busway yang ke arah Ragunan. Dari Dukuh Atas ternyata kantor KPK cukup dekat, hanya melewati 1 halte. Saya pun turun di halte kedua.


Jalanan yang lengang, gambar diambil dari halte Dukuh Atas

Saya tiba di KPK sekitar pukul 11. Ternyata di depan kantor KPK sedang ada yang demo, iseng-iseng aja saya ambil gambarnya. Hehehe.. Saya kemudian masuk ke dalam kantor dan menemui resepsionis. Setelah menjelaskan blablabla keperluan saya, akhirnya saya diantar ke bagian humas. Di ruang humas saya bertemu karyawan KPK dan menjelaskan bahwa saya ingin melakukan penelitian untuk tugas akhir di KPK, tetapi surat surveynya belum ada. Ternyata benar dugaan saya, pihak KPK tentu tidak mau memberikan data jika belum ada surat survey resmi dari kampus (suraaaaaat surveeeeeeyyyyy cepetan jadi dooooong T_T). Sebelum saya meninggalkan ruang humas, karyawan KPK tersebut menawari saya jika ingin berkunjung ke perpustakaan mereka. Wah ide bagus, daripada saya langsung pulang.

Gak tau ini demo tentang apa, nggak terlalu merhatiin

Setelah itu, saya dijemput oleh karyawan bagian perpustakaan dari lantai 2. Awalnya saya gak nyangka sampai di jemput segala, tetapi setelah itu saya tau alasannya: dari lantai 1 ke perpustakaan di lantai 2 pintu penjagaannya berlapis-lapis dan hanya bisa dimasuki dengan sidik jari karyawan (norak nih, hehehe). Perpustakaan KPK tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman. Banyak buku-buku yang bagus khususnya mengenai korupsi. Tapi sayangnya saya nggak bawa laptop sendiri, jadi nggak bisa sekalian ngerjain KTTA di sana, mumpung banyak referensi. Kejutannya, tiba-tiba mbak karyawan perpus menawarkan saya buku-buku gratis! Asyiiiiik... Akhirnya saya mendapat 5 buku gratisan mengenai korupsi. Pukul 12 perpustakaan ditutup karena sudah waktunya istirahat. Saya yang bingung mau ngapain lagi akhirnya memutuskan untuk pulang saja.

Buku-buku gratisan dari KPK ^^

Ternyata keputusan langsung pulang tidak terlaksana. Ketika sampai di halte busway, saya kepikiran untuk mampir untuk makan dulu di tempat kerja teman saya, Sarah, di ayam bakar Pakubuwono. Restorannya terletak di sekitar Pakubuwono, berarti saya harus turun di halte Bundaran Senayan. Menurut sms Sarah, saya harus naik bis 102 dari depan STC. Saya pun turun di halte Bundaran Senayan. Akan tetapi setelah turun, saya baru sadar ternyata dari halte ke STC itu lumayan jauh. Dengan sok tau saya malah turun lewat tangga kiri jalan busway dan berpikir mungkin bis 102nya lewat situ. Tetapi, setelah menunggu berapa lama bis tersebut belum kunjung datang. Dengan makin sok tau saya asal-asalan memberhentikan kopaja jurusan Blok M. Pikir saya, mungkin semua bis nanti lewat sana.

Waktu udah naik kopaja si Sarah sms, bilang kalo kopaja itu gak lewat Pakubuwono, tapi saya tetep sok tau ngelanjutin sampai Blok M. Nah, sampai di Blok M saya mulai bingung mau naik apa lagi, sms Sarah juga nggak dibales-bales. Akhirnya saya luntang-lantung di terminal nunggu sms dibales (Andai saya bawa si kebooooo T_T). Akhirnya Sarah pun bales, saya disuruh naik metromini sampai Taman Puring terus naik 102 dari situ. Masalahnya, uang receh saya tinggal ada untuk 1 kali naik bis dan saya males banget mecahin uang. Ide gila pun muncul: mendingan saya jalan kaki aja nanti dari Taman Puring ke tempatnya Sarah, sekalian iseng jalan-jalan gitu. Meskipun Sarah bilang jauh, saya tetep ngeyel jalan kaki dari Taman Puring.

Jalan..jalan..jalan..terus aja saya jalan dengan santainya. Arahnya?ngikuti jalur 102. Jalan terus...lima menit, sepuluh menit, lima belas menit, saya mulai capek. Dua puluh menit, saya mulai bosen, kok tempatnya gak ketemu-ketemu. Pas sampai perempatan radio dalem, mulai ragu, kelewatan apa nggak nih, masa jauh banget. Ya, saya jalan dari Taman Puring sampai Radio Dalam! Saya jalan terus, dan mulai sms si Sarah. Apa jawabannya? Ternyata saya salah jalan dari Taman Puring! Harusnya saya bukan belok kiri.

Aduh parah, udah mulai kesasar nih, pantesan jalannya jauh banget. Akhirnya saya beli minum dulu di Circle K sekalian nukar uang. Saya putusin naik bis 102 aja yang ke arak sebaliknya. Ternyata saya kesasar dari awal karena salah ngikutin bis 102. Harusnya saya ikutin yang ke arah Tanah Abang, tapi saya malah ikutin yang ke arah sebaliknya, Ciputat -____-". Bis 102nya penuh banget, saya bilang ke kondekturnya turun di Sinabung. Karena desak-desakan, saya gak terlalu teliti merhatiin jalan, dan....tiba-tiba udah hampir nyampe Senayan City! Astagfirullah, kelewatan lagi, dan si abang kondekturnya itu gak bilang ke saya waktu nyampe Sinabung T_T.

Mau nggak mau saya turun, dan naik 102 yang ke arah sebaliknya lagi. Sampe hampir putus asa nih mau ketemu si Sarah aja. Tapi saya nggak nyerah, kali ini saya teliti banget tuh jalan-jalannya, negeliatin setiap Circle K karena Sarah bilang tempatnya pas di depat Circle K. Akhirnya ketemu!! Hampir aja kelewatan lagi. Saya pun turun dan langsung nyamperin Sarah di Restoran Ayam Bakar Pakubuwono dan Soto Bangkong.

Sarah udah kira-kira 5 bulan part time di sini. Jadi kalo kuliah lagi kosong dia kerja di sini. Saya langsung pesan makanan, ayam bakar, lapeeeeeeeeerr dan pegeeeeeeell banget. Sambil nunggu makanan, saya sholat Dzuhur dulu karena sudah hampir setengah 3 waktu saya sampai di sana. Setelah itu, saya makan deh sambil nungguin Sarah yang lagi kerja dulu. Terus kami ngerumpi-ngerumpi, ngobrol-ngobrol, ngomongin tempat buat arisan minggu besok (ya ampun, jauh-jauh padahal intinya cuma mau gini aja). Pingin juga deh kerja part time kayak Sarah, mumpung kuliah cuma seminggu sekali aja. Oke another project beside KTTA: Find Part Time Job!

I_kasar_ah, best friend forever

Setelah selesai makan dan ngobrol, saya pun pulang ke rumah dengan hati gembira meskipun belum dapat data ^.^.






Sunday, March 27, 2011

Akhirnya Gowes Lagi ^^

Gowes alias sepedaan sekarang emang lagi booming banget ya. Awalnya menurut saya, gowes mulai kembali poluler semenjak ada gerakan "Bike to Work". Setelah itu, gerakan-gerakan serupa seperti "Bike to Campus" dan "Bike to School" mulai mengikuti.

Ide dari gowes ini mungkin berawal dari kejenuhan penduduk Jakarta terhadap macet yang semakin hari semakin parah. Daripada menghabiskan waktu tiga jam untuk ke kantor, lebih baik naik sepeda saja. Bebas macet. Selain itu, sekaligus berolahraga tentunya.

Sore yang asyik buat kembali naik sepeda

Sebenarnya saya hobi sekali naik sepeda dari kecil. Mulai sepeda roda tiga, roda dua yang ada bantuan roda kecilnya, sepeda anak-anak, sampai sepeda besar. Masih ingat waktu pertama kali belajar naik sepeda, saya diajari oleh si Kakak. Tapi cara belajarnya agak aneh, masa dia saya boncengin, terus saya yang gowes -___-", katanya sih biar bisa seimbang gitu. Akhirnya setelah jatuh dari sepeda dan bibir sampai jontor berdarah, saya lancar juga naik sepeda sendiri. Sejak saat itu saya bisa naik sepeda roda 2.

Sekitar kelas 3 SD, hobi bersepeda saya semakin menggila. Saya pergi ngaji ke Madrasah selalu naik sepeda. Pulang ngaji, sore-sore, saya langsung lanjut main sepeda lagi. Bahkan kadang pergi agak jauh sendirian. Sekitar kelas 4 sampai kelas 6 SD, saya biasanya main sepeda sama teman-teman sekolah, Rini, Tyas, Alfina, dan lain-lain. Pengalaman yang sampai sekarang gak akan lupa yaitu waktu itu Minggu pagi saya bersepeda seperti biasa. Sayangnya waktu itu sepeda Rini lagi rusak, jadi dia boncengan sama saya, saya yang dibonceng berdiri. Nah entah kenapa waktu itu ide iseng saya muncul, tiba-tiba saya mau meniru adegan Shinchan yang menutup mata Papanya dari belakang waktu sedang nyetir. Dan akhirnya beneran saya lakukan. Matanya Rini saya tutup waktu sepeda lagi digowes, dia teriak-teriak, saya ketawa-ketawa. Tapi gak lama setelah itu, sepeda oleng, dan.......kami jatuh ke got T___T. Itulah pengalaman paling gila bersepeda waktu jaman SD. Sampai sekarang, saya dan Rini pasti ketawa-ketawa ketika cerita tentang kejadian itu.

Oh iya, ada lagi satu cerita yang tidak akan saya lupa sampai sekarang. Sepeda saya dicuri! Iya, waktu itu kira-kira setelah maghrib terdengar suara orang membuka pintu pagar. Awalnya saya dan Mama mengira itu Babeh yang baru pulang. Akan tetapi, setelah lama ditunggu ternyata tidak ada yang masuk. Beberapa lama kemudian, Mama keluar dan ternyata pintu pagar sudah terbuka dan sepeda saya sudah digondol maling! Sedih banget waktu itu, sampai mata saya bengkak gara-gara kelamaan nangis. Sejak saat itu, saya bersepeda menggunakan sepeda Babeh yang ukurannya besar, sedangkan saya masih SD.

Setelah lulus dari SD, frekuensi bersepeda saya agak berkurang karena SMP saya jauh dari rumah. Paling-paling hanya waktu libur saja main sepeda. Ketika SMA saya hampir tidak pernah lagi main sepeda. Sepeda pun teronggok ditaruh di gudang.

Back to bike

Sampai akhirnya kemarin tiba-tiba saya berinisiatif membetulkan sepeda lagi. Sepeda yang kotor karena jarang dipakai dan bannya kempes itu saya bawa ke bengkel dan saya cuci. Tarrraaaaa....sekarang sepedanya sudah bisa dipakai lagi! Kebetulan sepeda itu ditaruh di rumah lama saya yang sekarang ditempati Kakak. Oleh karena itu, sore tadi saya sengaja kesana untuk membawa sepeda tersebut ke rumah.

Capek juga ternyata naik sepeda setelah bertahun-tahun gak pernah naik sepeda. Dari rumah Kakak ke rumah jaraknya sekitar 4 km dan saya tempuh dalam waktu kira-kira setengah jam. Sampai rumah Mama bilang muka saya pucet banget. Hehehe.. Iya sih, tadi di jalan mata ini udah kunang-kunang berasa hampir pingsan.

Meskipun capek tetap senang. Akhirnya gowes lagi!!


Wednesday, March 23, 2011

Kue Tart untuk Calon Keponakan (Happy Birthday My Sister and My Brother-in-Law)

Kakak saya ulang tahun tanggal 12 Maret. Kakak ipar ulang tahun tanggal 14 Maret. Cuma beda 2 hari. Oleh karena itu, kami biasanya ngerayain pas di tanggal 13 Maret. Nggak ngerayain dengan pesta, cukup makan bareng sekeluarga. Biasanya mama bikin nasi kuning dan kami motong ayam jago peliharaan. Tapi kali ini mama nggak sempet bikin nasi kuning.

Sejak tanggal 12, saya iseng nanya ke kakak, “Nggak beli kue tart?”. Si kakak pun nanggepin “Oh iya ya, mau? tapi lo yang beli ya..” (kami biasa ngobrol pake gw-lo, hihihi). Yes. Misi berhasil. Kakak saya yang alhamdulillah lagi mengandung anak pertamanya emang akhir-akhir ini jadi pinginan. Kalo saya nyebut suatu makanan atau lagi makan sesuatu, pasti dia kepingin. Namanya juga orang ngidam. Positifnya saya jadi sering ditraktir :P. Akhirnya, saya dapet tugas beli kue tart yang toppingnya buah besok Minggunya.

Tapi…emang dasar saya sedang terserang holiday disorder, siang tidur, malem bangun, Minggu itu saya gak jadi beli kue tartnya karena tidur melulu. Lagipula hari itu hujan dari siang sampai sore, jadi saya malas untuk keluar. Akhirnya, tugas diundur deadlinenya sampai hari Senin (tanggal 14).

Senin itu pagi-pagi saya udah dibangunin. “Keeeem, bangun…katanya mau beli kue” (Kem singkatan dari Ikem, nama panggilan saya di rumah -__-). Mau nggak mau dan anehnya mata langsung melek dalam waktu yang gak begitu lama setelah dibangunin. Saya pun mandi, rapi-rapi, makan. Kebetulan saya juga berencana mau beli sepatu, jadi bisa sekalian.

Awalnya saya mau ke Bintaro Plaza nyari sepatu dan beli kue di Holland Bakery di depan STAN. Tapi niat urung dilaksanakan gara-gara siang itu lagi terik banget. Saya malas karena jarak rumah ke Bintaro lumayan jauh. Setelah saya ingat-ingat, kayaknya saya pernah liat Holland bakery di Ciledug (pelajaran #1 jangan sok yakin). Akhirnya saya putusin nyari sepatu di CBD Ciledug aja, abis itu baru ke Holland Bakery.

Sip, sepatu udah saya dapet. Saya langsung mengambil jalan pulang lewat Ciledug. Seinget saya, Holland Bakery nya ada di sekitar gerbang Puri Beta 2. Tapi pas lewat sana ternyata nggak ada Holland Bakery di sepanjang jalan.

-_____-

Plan B: Ke Pinot Meruya.

Langsung lah saya jalan terus ke arah Meruya. Dari Ciledug ke Meruya lumayan jauh, sekitar 25 menit naik motor. Sampai di Pinot saya liat nggak ada tart yang toppingnya buah di display. Sok-sok aja saya tanya-tanya harga tartnya. Ternyata, kata mbaknya, kalo mau yang topping buah harus pesen dulu minimal sehari sebelumnya (pelajaran #2 kalo mau beli kue tart pesen dulu minimal sehari sebelumnya). Setelah ngucapin makasih dan minta brosur harga kue-kue, saya pun pergi melanjutkan pencarian.

Plan C: Ke Holland Bakery di Jalan Pesanggrahan.

Kalo yang ini saya yakin 99% Holland Bakerynya bener-bener ada di sana karena saya sering lewat. Jarak dari Meruya ke Pesanggrahan kira-kira 10 menit naik motor. Akhirnya sampai. Setelah masuk toko, saya langsung menuju display kue tart. K.E.C.E.W.A. (Biar dramatis ceritanya :P) Ternyata di sana juga gak ada tart topping buahnya, cuma ada blackforrest dan puding buah. T_T

Plan D: Ke Eaton Jalan Pinggir Tol Kebon Jeruk.

Dari Holland Bakery Pesanggrahan ke Eaton ini kira-kira 5 menit. Hari semakin panas. Jarak semakin jauh. Saya pun masuk ke toko Eaton dengan badan yang mulai lemah lunglai *lebay session*. Sebenarnya saya kesini karena ingat waktu itu teman saya pernah beli tart topping buah untuk ulang tahun teman kami.

Seperti di toko-toko sebelumnya, saya langsung menuju display kue tart…. Ada! Tapi pas liat harga…….appppaaaa?!! Rp320ribuan kalo gak salah. Ukurannya pun terlalu besar. Sedangkan kue yang saya cari kira-kira diameter 15cm saja. Padahal waktu teman saya beli dulu ada yang ukuran kecil di display.

Oke, saya pun bingung ke mana arah dan tujuan saya selanjutnya #tsaaaah… Akhirnya saya telepon si kakak, bilang udah nyari kemana-mana tapi kuenya gak ada. Dia sumringah sekali menunggu kue itu. Akhirnya dia bilang terserah saya mau beli kue yang apa aja.

Back to Plan B: Saya kembali ke Pinot.

Sebenernya di pinot ada tart topping buah yang ready, tapi cuma ukuran slices aja. Akhirnya saya amat-amati lagi kue-kue di display. Terus tanya-tanya harganya ke mbak penjaga tokonya. Pilihan saya akhirnya jatuh pada satu tart: black and white, gabungan antara black and white chocolate dengan bolu yang sangat lembuuuut di dalamnya. Anda akan merasa melayang mulai dari gigitan pertama. Ka, stop lebayatun. Kata Mbaknya harganya 108rb. “Oke deh mbak, ditulis Happy Birthday Renny (26) & Kholik (27) ya..” Saya pun nunggu di kasir.

Kue, udah siap. Kasir ngitung. Saya nyiapin uang. Kasir bilang 180 ribu. Saya kaget. Apppppaaaaa???!! (gak segitunya ding.. :P) Saya ulang lagi harganya,”108 ribu?” Kata kasir “180 ribu". Saya tetep kekeuh, kali ini ngelirik ke mbak yang jaga toko tadi “108 ribu?”. Kata mbak itu “180 ribu”. Errrrrr…yak,ternyata saya salah denger sodara-sodari, ternyata harganya 180 rebu tapi saya dengernya 108 rebu, beda 72 rebu, hahaha. (pelajaran #3 pasang telinga baek-baek pas nanya harga)

Saya yang emang budgetnya gak berencana sampe segitu, akhirnya dengan muka polos dan tanpa dosa, “eh maaf saya salah denger mbak, hehehe” sambil cengengesan. “Bisa dituker kan mbak?hehehe..”,sambil cengar-cengir. Untung mbak yang berwajah manis itu ternyata berhati manis juga. Dia bilang, “Oh nggak papa, jadi dituker yang mana”.

Kami pun kembali ke display kue lagi. Setelah nanya-nanya singkat (intinya saya mau kue yang di bawah 150 ribu, ahelah rempong amat), saya akhirnya memutuskan untuk membawa pulang kue bulat, berlapis white cream, dengan 3 buah stoberi di atasnya, dan 2 lempeng cokelat berbentuk kipas, dan di dalamnya berupa bolu cokelat yang sangat lembuuuut dengan cream rasa jeruk :9. Harganya ternyata 105rb, oke sesuai dengan budget. Hihihihi. Setelah memindahkan lempeng cokelat bertuliskan happy birthday dari kue sebelumnya, akhirnya si putih bundar ini siap dibungkus dan ikut saya pulang.

Berakhirlah pencarian kue tart berdiameter 15cm dengan topping buah-buahan yang akhirnya diganti menjadi kue tart berdiameter 15cm dengan lapisan white cream dan stroberi yang manis ini:

Saya pun pulang. Si kakak menyambut. Gak lama kemudian kue langsung kami potong. (Makanya saya bilang ini kue kepinginan ponakan di dalem perut, bukan dalam rangka ulang tahun, soalnya kakak ipar belum pulang dari kantor tapi kue udah mulai dimakan sama si kakak dan saya XD).

Rasa kuenya???Beuuughhh jangan ditanya, enaaaaakkk banget. Serius deh.

Well, semoga keponakan saya yang masih di dalam perut menikmatinya.

♥BIG LOVE♥, your cool aunty.

Monday, January 24, 2011

Aku Menangis untuk Adikku 6 Kali (Diterjemahkan dari : "I cried for my brother six times")

Waktu SMP Saya pernah membaca sebuah cerpen yang membuat saya menangis. Cerpen tersebut pada saat itu dimuat di tabloid kampus kakak saya. Masih sangat jelas teringat ceritanya, sampai akhirnya baru-baru ini saya menemukan cerpen itu. Silakan dibaca...

Aku Menangis untuk Adikku 6 Kali

Aku dilahirkan di sebuah dusun pegunungan yang sangat terpencil. Hari demi hari, orang tuaku membajak tanah kering kuning, dan punggung mereka menghadap ke langit. Aku mempunyai seorang adik, tiga tahun lebih muda dariku.

Suatu ketika, untuk membeli sebuah sapu tangan yang mana semua gadis di sekelilingku kelihatannya membawanya, Aku mencuri lima puluh sen dari laci ayahku. Ayah segera menyadarinya. Beliau membuat adikku dan aku berlutut di depan tembok, dengan sebuah tongkat bambu di tangannya. "Siapa yang mencuri uang itu?" Beliau bertanya. Aku terpaku, terlalu takut untuk berbicara.

Ayah tidak mendengar siapa pun mengaku, jadi Beliau mengatakan, "Baiklah, kalau begitu, kalian berdua layak dipukul!" Dia mengangkat tongkat bambu itu tingi-tinggi. Tiba-tiba, adikku mencengkeram tangannya dan berkata, "Ayah, aku yang melakukannya!" Tongkat panjang itu menghantam punggung adikku bertubi-tubi.

Ayah begitu marahnya sehingga ia terus menerus mencambukinya sampai Beliau kehabisan nafas. Sesudahnya, Beliau duduk di atas ranjang batu bata kami dan memarahi, "Kamu sudah belajar mencuri dari rumah sekarang, hal memalukan apa lagi yang akan kamu lakukan di masa mendatang? ... Kamu layak dipukul sampai mati! Kamu pencuri tidak tahu malu!"

Malam itu, ibu dan aku memeluk adikku dalam pelukan kami. Tubuhnya penuh dengan luka, tetapi ia tidak menitikkan air mata setetes pun. Di pertengahan malam itu, saya tiba-tiba mulai menangis meraung-raung. Adikku menutup mulutku dengan tangan kecilnya dan berkata, "Kak, jangan menangis lagi sekarang. Semuanya sudah terjadi."

Aku masih selalu membenci diriku karena tidak memiliki cukup keberanian untuk maju mengaku. Bertahun-tahun telah lewat, tapi insiden tersebut masih kelihatan seperti baru kemarin. Aku tidak pernah akan lupa tampang adikku ketika ia melindungiku. Waktu itu, adikku berusia 8 tahun. Aku berusia 11.

Ketika adikku berada pada tahun terakhirnya di SMP, ia lulus untuk masuk ke SMA di pusat kabupaten. Pada saat yang sama, saya diterima untuk masuk ke sebuah universitas propinsi. Malam itu, ayah berjongkok di halaman, menghisap rokok tembakaunya, bungkus demi bungkus. Saya mendengarnya memberengut, "Kedua anak kita memberikan hasil yang begitu baik...hasil yang begitu baik..." Ibu mengusap air matanya yang mengalir dan menghela nafas, "Apa gunanya? Bagaimana mungkin kita bisa membiayai keduanya sekaligus?"

Saat itu juga, adikku berjalan keluar ke hadapan ayah dan berkata, "Ayah, saya tidak mau melanjutkan sekolah lagi, telah cukup membaca banyak buku." Ayah mengayunkan tangannya dan memukul adikku pada wajahnya. "Mengapa kau mempunyai jiwa yang begitu keparat lemahnya? Bahkan jika berarti saya mesti mengemis di jalanan saya akan menyekolahkan kamu berdua sampai selesai!" Dan begitu kemudian ia mengetuk setiap rumah di dusun itu untuk meminjam uang.

Aku menjulurkan tanganku selembut yang aku bisa ke muka adikku yang membengkak, dan berkata, "Seorang anak laki-laki harus meneruskan sekolahnya; kalau tidak ia tidak akan pernah meninggalkan jurang kemiskinan ini." Aku, sebaliknya, telah memutuskan untuk tidak lagi meneruskan ke universitas.

Siapa sangka keesokan harinya, sebelum subuh datang, adikku meninggalkan rumah dengan beberapa helai pakaian lusuh dan sedikit kacang yang sudah mengering. Dia menyelinap ke samping ranjangku dan meninggalkan secarik kertas di atas bantalku: "Kak, masuk ke universitastidaklah mudah. Saya akan pergi mencari kerja dan mengirimu uang."

Aku memegang kertas tersebut di atas tempat tidurku, dan menangis dengan air mata bercucuran sampai suaraku hilang. Tahun itu, adikku berusia 17 tahun. Aku 20.

Dengan uang yang ayahku pinjam dari seluruh dusun, dan uang yang adikku hasilkan dari mengangkut semen pada punggungnya di lokasi konstruksi, aku akhirnya sampai ke tahun ketiga (di universitas).

Suatu hari, aku sedang belajar di kamarku, ketika teman sekamarku masuk dan memberitahukan, "Ada seorang penduduk dusun menunggumu di luar sana!"

Mengapa ada seorang penduduk dusun mencariku? Aku berjalan keluar, dan melihat adikku dari jauh, seluruh badannya kotor tertutup debu semen dan pasir. Aku menanyakannya, "Mengapa kamu tidak bilang pada teman sekamarku kamu adalah adikku?" Dia menjawab, tersenyum, "Lihat bagaimana penampilanku. Apa yang akan mereka pikir jika mereka tahu saya adalah adikmu? Apa mereka tidak akan menertawakanmu?"

Aku merasa terenyuh, dan air mata memenuhi mataku. Aku menyapu debu-debu dari adikku semuanya, dan tersekat-sekat dalam kata-kataku, "Aku tidak perduli omongan siapa pun! Kamu adalah adikku apa pun juga! Kamu adalah adikku bagaimana pun penampilanmu..."

Dari sakunya, ia mengeluarkan sebuah jepit rambut berbentuk kupu-kupu. Ia memakaikannya kepadaku, dan terus menjelaskan, "Saya melihat semua gadis kota memakainya. Jadi saya pikir kamu juga harus memiliki satu. "Aku tidak dapat menahan diri lebih lama lagi. Aku menarik adikku ke dalam pelukanku dan menangis dan menangis. Tahun itu, ia berusia 20. Aku 23.

Kali pertama aku membawa pacarku ke rumah, kaca jendela yang pecah telah diganti, dan kelihatan bersih di mana-mana. Setelah pacarku pulang, aku menari seperti gadis kecil di depan ibuku. "Bu, ibu tidak perlu menghabiskan begitu banyak waktu untuk membersihkan rumah kita!" Tetapi katanya, sambil tersenyum, "Itu adalah adikmu yang pulang awal untuk membersihkan rumah ini. Tidakkah kamu melihat luka pada tangannya? Ia terluka ketika memasang kaca jendela baru itu.."

Aku masuk ke dalam ruangan kecil adikku. Melihat mukanya yang kurus, seratus jarum terasa menusukku. Aku mengoleskan sedikit saleb pada lukanya dan mebalut lukanya. "Apakah itu sakit?" Aku menanyakannya. "Tidak, tidak sakit. Kamu tahu, ketika saya bekerja di lokasi konstruksi, batu-batu berjatuhan pada kakiku setiap waktu. Bahkan itu tidak menghentikanku bekerja dan..." Ditengah kalimat itu ia berhenti. Aku membalikkan tubuhku memunggunginya, dan air mata mengalir deras turun ke wajahku. Tahun itu, adikku 23. Aku berusia 26.

Ketika aku menikah, aku tinggal di kota. Banyak kali suamiku dan aku mengundang orang tuaku untuk datang dan tinggal bersama kami, tetapi mereka tidak pernah mau. Mereka mengatakan, sekali meninggalkan dusun, mereka tidak akan tahu harus mengerjakan apa. Adikku tidak setuju juga, mengatakan, "Kak, jagalah mertuamu aja. Saya akan menjaga ibu dan ayah di sini."

Suamiku menjadi direktur pabriknya. Kami menginginkan adikku mendapatkan pekerjaan sebagai manajer pada departemen pemeliharaan. Tetapi adikku menolak tawaran tersebut. Ia bersikeras memulai bekerja sebagai pekerja reparasi.

Suatu hari, adikku diatas sebuah tangga untuk memperbaiki sebuah kabel, ketika ia mendapat sengatan listrik, dan masuk rumah sakit. Suamiku dan aku pergi menjenguknya. Melihat gips putih pada kakinya, saya menggerutu, "Mengapa kamu menolak menjadi manajer? Manajer tidak akan pernah harus melakukan sesuatu yang berbahaya seperti ini. Lihat kamu sekarang, luka yang begitu serius. Mengapa kamu tidak mau mendengar kami sebelumnya?"

Dengan tampang yang serius pada wajahnya, ia membela keputusannya. "Pikirkan kakak ipar--ia baru saja jadi direktur, dan saya hampir tidak berpendidikan. Jika saya menjadi manajer seperti itu, berita seperti apa yang akan dikirimkan?"

Mata suamiku dipenuhi air mata, dan kemudian keluar kata-kataku yang sepatah-sepatah: "Tapi kamu kurang pendidikan juga karena aku!"

"Mengapa membicarakan masa lalu?" Adikku menggenggam tanganku. Tahun itu, ia berusia 26 dan aku 29.

Adikku kemudian berusia 30 ketika ia menikahi seorang gadis petani dari dusun itu. Dalam acara pernikahannya, pembawa acara perayaan itu bertanya kepadanya, "Siapa yang paling kamu hormati dan kasihi?" Tanpa bahkan berpikir ia menjawab, "Kakakku."

Ia melanjutkan dengan menceritakan kembali sebuah kisah yang bahkan tidak dapat kuingat. "Ketika saya pergi sekolah SD, ia berada pada dusun yang berbeda. Setiap hari kakakku dan saya berjalan selama dua jam untuk pergi ke sekolah dan pulang ke rumah. Suatu hari, Saya kehilangan satu dari sarung tanganku. Kakakku memberikan satu dari kepunyaannya. Ia hanya memakai satu saja dan berjalan sejauh itu. Ketika kami tiba di rumah, tangannya begitu gemetaran karena cuaca yang begitu dingin sampai ia tidak dapat memegang sumpitnya. Sejak hari itu, saya bersumpah, selama saya masih hidup, saya akan menjaga kakakku dan baik kepadanya."

Tepuk tangan membanjiri ruangan itu. Semua tamu memalingkan perhatiannya kepadaku. Kata-kata begitu susah kuucapkan keluar bibirku, "Dalam hidupku, orang yang paling aku berterima kasih adalah adikku."Dan dalam kesempatan yang paling berbahagia ini, di depan kerumunan perayaan ini, air mata bercucuran turun dari wajahku seperti sungai.


 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com