Pages

Friday, January 21, 2011

Stres dan Cara Mengatasinya

Setiap manusia pasti memiliki masalah dalam hidupnya. Berat atau ringan, besar atau kecil, masalah-masalah tersebut tentu akan mengganggu pikiran kita. Bukan hanya pikiran, kesehatan pun akan terpengaruh jika kita tertekan dalam menghadapi suatu masalah. Salah satu akibatnya yaitu timbulnya stres.

Ada tiga tingkat stres menurut Woro Aryandini S. dalam bukunya Manusia dalam Tinjauan Ilmu Budaya Dasar. Tingkat-tingkat tersebut yaitu:
  1. Stres besar, yaitu stres yang timbul ketika sesorang mengalami musibah yang amat besar, misalnya kebakaran dan perampokan. Dalam menghadapi musibah yang demikian, tidak jarang seseorang langsung melarikan diri, sangat tercekam, amat ketakutan, sehingga tidak dapat berbicara.
  2. Stres situasional, yaitu stres yang timbul secara mendadak dalam suatu situasi, misalnya seseorang di todong di tempat yang sepi. Bila situasi tersebut terjadi kembali, maka orang tersebut akan mengalami stres situasional kembali.
  3. Stres kronik, yaitu stres yang terjadi jika stres yang pernah muncul tidak ditanggulangi secara tuntas. Contohnya ketika seseorang tidak menyukai pekerjaannya, namun karena pertimbangan ekonomi ia harus melakukan pekerjaan tersebut dan tidak ada pilihan lain. Karena itu, setiap kali bekerja Ia akan mengalami stres kronik tersebut.
Stres dapat menimbulkan berbagai macam penyakit lain, antara lain darah tinggi, serangan jantung, tukak lambung, radang usus besar, sembelit, diare, diabetes, kanker, reumatik. sakit punggung, dan sakit kepala.

Dr. P. Sidharta mengemukakan sepuluh nasihat untuk menghindari stres, yaitu:
  1. Keluarkan isi hati yang mengganggu pikiran, ceritalah kepada orang-orang terdekat.
  2. Kalau merasa tegang karena menghadapi pekerjaan yang ruwet, tinggalkan pekerjaan tersebut sebentar. Carilah udara segar di luar ruangan.
  3. Kalau merasa kesal, lakukanlah pekerjaan fisik untuk mengeluarkan amarah.
  4. Cobalah sekali-kali mengalah.
  5. Cobalah menolong orang lain.
  6. Ingatlah bahwa tidak ada seorang pun yang sempurna.
  7. Selesaikan satu pekerjaan saja pada satu saat.
  8. Bila bertemu dengan seseorang, jangan dimulai dengan memberi kritik, tetapi mulailah dengan memberi senyuman dan pujian.
  9. Bersikaplah ramah terhadap semua orang.
  10. Berikan kesempatan kepada orang lain untuk meraih sukses.
Selain hal-hal di atas, stres juga dapat diatasi dengan melakukan olahraga seperti berenang, bersepeda, dan jogging. Dengan berolahraga, metabolisme dalam tubuh kita akan semakin lancar, tubuh pun akan mengeluarkan hormon-hormon yang dapat menimbulkan perasaan gembira. Perbanyaklah makan sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menghindari stres.

Hindari stres karena stres akan berdampak buruk pada kesehatan Anda. :)

0 comments:

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com