Pages

Thursday, March 31, 2011

Jenis-jenis Sepatu Wanita

Sepatu sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari dunia wanita. Selain fungsi utamanya sebagai alas kaki, sepatu juga menjadi salah satu penunjang penampilan yang sangat penting, khususnya bagi wanita. Sepatu memiliki beraneka ragam jenis, bentuk, dan model. Setiap jenis sepatu juga harus disesuaikan dengan busana, kegiatan, dan acara yang dihadiri.

Kali ini saya akan membahas mengenai jenis-jenis sepatu beserta event yang cocok untuk memakainya. Gambar-gambar pada artikel ini saya ambil dari item-item favorit saya di looklet.

1. Heels

Sepatu jenis ini sangat cocok digunakan untuk acara-acara formal, misalnya jamuan makan malam, pesta, atau pertemuan bisnis. Akan tetapi, kita juga harus pandai memilih ukuran heels yang cocok untuk sebuah acara. Misalnya untuk pertemuan bisnis, usahakan jangan memakai sepatu yang heelsnya terlalu lancip. Sedangkan untuk acara pesta, sepatu heels lancip bisa digunakan.

Pemilihan warna juga perlu diperhatikan. Untuk acara bisnis formal, usahakan jangan memilih warna yang terlalu cerah, seperti kuning atau pink, namun pilihlah warna-warna yang netral seperti hitam dan coklat. Untuk acara pesta dan jamuan makan malam, warna sepatu dapat lebih bebas, menyesuaikan dengan warna pakaian yang digunakan.

2. Wedges
Wedges sangat banyak jenis dan warnanya sehingga kita harus pandai memilih untuk menyesuaikan event yang akan kita hadiri. Selain untuk acara-acara bisnis kasual, sepatu jenis ini juga bisa digunakan untuk acara yang agak santai. Berbeda dengan sepatu heels, sepatu jenis wedges memiliki alas yang tinggi namun merata ke seluruh permukaannya. Sepatu jenis ini cocok digunakan untuk acara bisnis kasual, maupun acara-acara semi formal.

3. Flats

Seperti namanya, bentuk alas sepatu ini sangat tipis dan datar. Sepatu jenis flat merupakan salah satu item wajib yang harus dimiliki wanita karena cukup sering digunakan. Kita dapat menggunakan sepatu jenis ini ke acara semi formal, jalan-jalan, dan dipakai sehari-hari. Sepatu flat terbuat dari bahan yang ringan sehingga nyaman digunakan bahkan untuk berjalan-jalan. Akan tetapi, untuk acara-acara bisnis formal sebaiknya tidak menggunakan sepatu jenis ini.

4. Sneakers

Sepatu jenis ini mirip bentuknya dengan sport shoes, tetapi lebih sederhana. Sneakers sangat nyaman dan cocok digunakan untuk jalan-jalan. Sepatu ini biasanya dipadu padankan dengan busana kasual maupun sporty. Sneakers merupakan salah satu item yang wajib dimiliki. Model sepatu sneakers biasanya bertali atau strap on. Saat ini, warna dan model sepatu sneakers sudah semakin beragam sehingga tidak sulit untuk memilihnya.

5. Boots

Saat ini sepatu jenis boots tidak lagi dianggap kuno dan hanya digunakan kaum lelaki karena model sepatu boots semakin berkembang. Kaum wanita juga semakin banyak yang memakai sepatu jenis ini tentu saja dengan model yang lebih feminim. Sepatu boots cocok digunakan untuk acara-acara non formal.

Jika ingin mengenakan sepatu boots di luar celana panjang Anda, pilihlah sepatu boots yang nyaman digunakan dengan model yang cocok. Akan tetapi, boots juga dapat digunakan di bagian dalam celana panjang atau rok sehingga bentuknya akan menyerupai sepatu heels. Untuk Anda yang percaya diri dan lebih ingin menonjolkan sepatu boots yang digunakan, Anda dapat memakainya di luar celana panjang Anda.

Boots juga terdiri dari berbagai jenis bahan, mulai dari bahan bludru sampai dengan bahan karet. Ukuran boots juga beragam, mulai dari yang pendek hingga yang tingginya selutut.

6. Sepatu sandal

Seperti namanya, jenis sepatu ini merupakan modifikasi antara sepatu dangan sandal. Bentuknya tidak tertutup keseluruhan, biasanya terdapat tali di bagian belakang. Sepatu sandal sangat cocok digunakan untuk acara-acara non formal seperti jalan-jalan, pergi bersama teman-teman, shopping, dan sebagainya.


Demikian klasifikasi jenis-jenis sepatu dan event yang cocok untuk menggunakannya. Sekarang sudah tidak bingung lagi kan mau memakai sepatu jenis apa?

0 comments:

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com