Pages

Monday, March 28, 2011

KTTA, Behind the Scene #1 (Ke KPK Sendirian dan Nyasar di Radio Dalam!)

Kisah ini berawal dari peningkatan kadar kegalauan saya karena deadline KTTA semakin dekat, 23 hari dari sekarang. Sebenarnya dari kemarin yang masih mengganjal itu 1: data untuk KTTA. Ibarat bikin kopi tanpa air, KTTA gak akan jadi tanpa adanya data. Untuk KTTA ini, saya mendapat mata kuliah Hukum Administrasi Keuangan Negara (HAKN) dan berencana mengambil objek penelitian di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mungkin teman-teman banyak yang bertanya, apa hubungannya HAKN sama KPK? Jawabannya bisa tanya langsung ke saya. Hehe..

Akhirnya dengan tekad dan nekad, saya pergi ke KPK sendirian, tanpa membawa surat survey dari kampus. Masalah surat survey ini emang bikin senewen banget, dengan deadline KTTA yang kurang dari sebulan lagi, surat survey banyak yang belum keluar. Saya pun mencoba mengikuti saran teman untuk membawa surat survey pribadi yang dilampiri Surat Keterangan Mahasiswa dari kampus.

Pukul 9 pagi saya berangkat dari rumah. Awalnya saya berencana ke KPK naik si kebo (nama motor saya), tetapi dilarang sama Mama dan Babeh. Kata mereka, saya naik busway aja dulu karena belum tau jalan kesana. Pada akhirnya keputusan tidak naik si kebo ini sangat merepotkan. Dari rumah saya naik metromini S70 sampai Blok M. Paling kesel kalo naik metromini S70 karena selain nunggunya yang lama, metromini ini jalannya lamaaaa banget. Mungkin karena nggak ada saingan angkutan umum lain dengan trayek Joglo-Blok M, jadi sang supir santai-santai aja.

Jam setengah 11 kurang 10 saya tiba di Blok M. Alhamdulillah halte busway tidak terlalu ramai dan buswaynya pun cepat datang. Saya naik busway dari Blok M ini dan transit di halte Dukuh Atas untuk ganti busway yang ke arah Ragunan. Dari Dukuh Atas ternyata kantor KPK cukup dekat, hanya melewati 1 halte. Saya pun turun di halte kedua.


Jalanan yang lengang, gambar diambil dari halte Dukuh Atas

Saya tiba di KPK sekitar pukul 11. Ternyata di depan kantor KPK sedang ada yang demo, iseng-iseng aja saya ambil gambarnya. Hehehe.. Saya kemudian masuk ke dalam kantor dan menemui resepsionis. Setelah menjelaskan blablabla keperluan saya, akhirnya saya diantar ke bagian humas. Di ruang humas saya bertemu karyawan KPK dan menjelaskan bahwa saya ingin melakukan penelitian untuk tugas akhir di KPK, tetapi surat surveynya belum ada. Ternyata benar dugaan saya, pihak KPK tentu tidak mau memberikan data jika belum ada surat survey resmi dari kampus (suraaaaaat surveeeeeeyyyyy cepetan jadi dooooong T_T). Sebelum saya meninggalkan ruang humas, karyawan KPK tersebut menawari saya jika ingin berkunjung ke perpustakaan mereka. Wah ide bagus, daripada saya langsung pulang.

Gak tau ini demo tentang apa, nggak terlalu merhatiin

Setelah itu, saya dijemput oleh karyawan bagian perpustakaan dari lantai 2. Awalnya saya gak nyangka sampai di jemput segala, tetapi setelah itu saya tau alasannya: dari lantai 1 ke perpustakaan di lantai 2 pintu penjagaannya berlapis-lapis dan hanya bisa dimasuki dengan sidik jari karyawan (norak nih, hehehe). Perpustakaan KPK tidak terlalu besar, tapi cukup nyaman. Banyak buku-buku yang bagus khususnya mengenai korupsi. Tapi sayangnya saya nggak bawa laptop sendiri, jadi nggak bisa sekalian ngerjain KTTA di sana, mumpung banyak referensi. Kejutannya, tiba-tiba mbak karyawan perpus menawarkan saya buku-buku gratis! Asyiiiiik... Akhirnya saya mendapat 5 buku gratisan mengenai korupsi. Pukul 12 perpustakaan ditutup karena sudah waktunya istirahat. Saya yang bingung mau ngapain lagi akhirnya memutuskan untuk pulang saja.

Buku-buku gratisan dari KPK ^^

Ternyata keputusan langsung pulang tidak terlaksana. Ketika sampai di halte busway, saya kepikiran untuk mampir untuk makan dulu di tempat kerja teman saya, Sarah, di ayam bakar Pakubuwono. Restorannya terletak di sekitar Pakubuwono, berarti saya harus turun di halte Bundaran Senayan. Menurut sms Sarah, saya harus naik bis 102 dari depan STC. Saya pun turun di halte Bundaran Senayan. Akan tetapi setelah turun, saya baru sadar ternyata dari halte ke STC itu lumayan jauh. Dengan sok tau saya malah turun lewat tangga kiri jalan busway dan berpikir mungkin bis 102nya lewat situ. Tetapi, setelah menunggu berapa lama bis tersebut belum kunjung datang. Dengan makin sok tau saya asal-asalan memberhentikan kopaja jurusan Blok M. Pikir saya, mungkin semua bis nanti lewat sana.

Waktu udah naik kopaja si Sarah sms, bilang kalo kopaja itu gak lewat Pakubuwono, tapi saya tetep sok tau ngelanjutin sampai Blok M. Nah, sampai di Blok M saya mulai bingung mau naik apa lagi, sms Sarah juga nggak dibales-bales. Akhirnya saya luntang-lantung di terminal nunggu sms dibales (Andai saya bawa si kebooooo T_T). Akhirnya Sarah pun bales, saya disuruh naik metromini sampai Taman Puring terus naik 102 dari situ. Masalahnya, uang receh saya tinggal ada untuk 1 kali naik bis dan saya males banget mecahin uang. Ide gila pun muncul: mendingan saya jalan kaki aja nanti dari Taman Puring ke tempatnya Sarah, sekalian iseng jalan-jalan gitu. Meskipun Sarah bilang jauh, saya tetep ngeyel jalan kaki dari Taman Puring.

Jalan..jalan..jalan..terus aja saya jalan dengan santainya. Arahnya?ngikuti jalur 102. Jalan terus...lima menit, sepuluh menit, lima belas menit, saya mulai capek. Dua puluh menit, saya mulai bosen, kok tempatnya gak ketemu-ketemu. Pas sampai perempatan radio dalem, mulai ragu, kelewatan apa nggak nih, masa jauh banget. Ya, saya jalan dari Taman Puring sampai Radio Dalam! Saya jalan terus, dan mulai sms si Sarah. Apa jawabannya? Ternyata saya salah jalan dari Taman Puring! Harusnya saya bukan belok kiri.

Aduh parah, udah mulai kesasar nih, pantesan jalannya jauh banget. Akhirnya saya beli minum dulu di Circle K sekalian nukar uang. Saya putusin naik bis 102 aja yang ke arak sebaliknya. Ternyata saya kesasar dari awal karena salah ngikutin bis 102. Harusnya saya ikutin yang ke arah Tanah Abang, tapi saya malah ikutin yang ke arah sebaliknya, Ciputat -____-". Bis 102nya penuh banget, saya bilang ke kondekturnya turun di Sinabung. Karena desak-desakan, saya gak terlalu teliti merhatiin jalan, dan....tiba-tiba udah hampir nyampe Senayan City! Astagfirullah, kelewatan lagi, dan si abang kondekturnya itu gak bilang ke saya waktu nyampe Sinabung T_T.

Mau nggak mau saya turun, dan naik 102 yang ke arah sebaliknya lagi. Sampe hampir putus asa nih mau ketemu si Sarah aja. Tapi saya nggak nyerah, kali ini saya teliti banget tuh jalan-jalannya, negeliatin setiap Circle K karena Sarah bilang tempatnya pas di depat Circle K. Akhirnya ketemu!! Hampir aja kelewatan lagi. Saya pun turun dan langsung nyamperin Sarah di Restoran Ayam Bakar Pakubuwono dan Soto Bangkong.

Sarah udah kira-kira 5 bulan part time di sini. Jadi kalo kuliah lagi kosong dia kerja di sini. Saya langsung pesan makanan, ayam bakar, lapeeeeeeeeerr dan pegeeeeeeell banget. Sambil nunggu makanan, saya sholat Dzuhur dulu karena sudah hampir setengah 3 waktu saya sampai di sana. Setelah itu, saya makan deh sambil nungguin Sarah yang lagi kerja dulu. Terus kami ngerumpi-ngerumpi, ngobrol-ngobrol, ngomongin tempat buat arisan minggu besok (ya ampun, jauh-jauh padahal intinya cuma mau gini aja). Pingin juga deh kerja part time kayak Sarah, mumpung kuliah cuma seminggu sekali aja. Oke another project beside KTTA: Find Part Time Job!

I_kasar_ah, best friend forever

Setelah selesai makan dan ngobrol, saya pun pulang ke rumah dengan hati gembira meskipun belum dapat data ^.^.






0 comments:

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com