Pages

Sunday, March 27, 2011

Akhirnya Gowes Lagi ^^

Gowes alias sepedaan sekarang emang lagi booming banget ya. Awalnya menurut saya, gowes mulai kembali poluler semenjak ada gerakan "Bike to Work". Setelah itu, gerakan-gerakan serupa seperti "Bike to Campus" dan "Bike to School" mulai mengikuti.

Ide dari gowes ini mungkin berawal dari kejenuhan penduduk Jakarta terhadap macet yang semakin hari semakin parah. Daripada menghabiskan waktu tiga jam untuk ke kantor, lebih baik naik sepeda saja. Bebas macet. Selain itu, sekaligus berolahraga tentunya.

Sore yang asyik buat kembali naik sepeda

Sebenarnya saya hobi sekali naik sepeda dari kecil. Mulai sepeda roda tiga, roda dua yang ada bantuan roda kecilnya, sepeda anak-anak, sampai sepeda besar. Masih ingat waktu pertama kali belajar naik sepeda, saya diajari oleh si Kakak. Tapi cara belajarnya agak aneh, masa dia saya boncengin, terus saya yang gowes -___-", katanya sih biar bisa seimbang gitu. Akhirnya setelah jatuh dari sepeda dan bibir sampai jontor berdarah, saya lancar juga naik sepeda sendiri. Sejak saat itu saya bisa naik sepeda roda 2.

Sekitar kelas 3 SD, hobi bersepeda saya semakin menggila. Saya pergi ngaji ke Madrasah selalu naik sepeda. Pulang ngaji, sore-sore, saya langsung lanjut main sepeda lagi. Bahkan kadang pergi agak jauh sendirian. Sekitar kelas 4 sampai kelas 6 SD, saya biasanya main sepeda sama teman-teman sekolah, Rini, Tyas, Alfina, dan lain-lain. Pengalaman yang sampai sekarang gak akan lupa yaitu waktu itu Minggu pagi saya bersepeda seperti biasa. Sayangnya waktu itu sepeda Rini lagi rusak, jadi dia boncengan sama saya, saya yang dibonceng berdiri. Nah entah kenapa waktu itu ide iseng saya muncul, tiba-tiba saya mau meniru adegan Shinchan yang menutup mata Papanya dari belakang waktu sedang nyetir. Dan akhirnya beneran saya lakukan. Matanya Rini saya tutup waktu sepeda lagi digowes, dia teriak-teriak, saya ketawa-ketawa. Tapi gak lama setelah itu, sepeda oleng, dan.......kami jatuh ke got T___T. Itulah pengalaman paling gila bersepeda waktu jaman SD. Sampai sekarang, saya dan Rini pasti ketawa-ketawa ketika cerita tentang kejadian itu.

Oh iya, ada lagi satu cerita yang tidak akan saya lupa sampai sekarang. Sepeda saya dicuri! Iya, waktu itu kira-kira setelah maghrib terdengar suara orang membuka pintu pagar. Awalnya saya dan Mama mengira itu Babeh yang baru pulang. Akan tetapi, setelah lama ditunggu ternyata tidak ada yang masuk. Beberapa lama kemudian, Mama keluar dan ternyata pintu pagar sudah terbuka dan sepeda saya sudah digondol maling! Sedih banget waktu itu, sampai mata saya bengkak gara-gara kelamaan nangis. Sejak saat itu, saya bersepeda menggunakan sepeda Babeh yang ukurannya besar, sedangkan saya masih SD.

Setelah lulus dari SD, frekuensi bersepeda saya agak berkurang karena SMP saya jauh dari rumah. Paling-paling hanya waktu libur saja main sepeda. Ketika SMA saya hampir tidak pernah lagi main sepeda. Sepeda pun teronggok ditaruh di gudang.

Back to bike

Sampai akhirnya kemarin tiba-tiba saya berinisiatif membetulkan sepeda lagi. Sepeda yang kotor karena jarang dipakai dan bannya kempes itu saya bawa ke bengkel dan saya cuci. Tarrraaaaa....sekarang sepedanya sudah bisa dipakai lagi! Kebetulan sepeda itu ditaruh di rumah lama saya yang sekarang ditempati Kakak. Oleh karena itu, sore tadi saya sengaja kesana untuk membawa sepeda tersebut ke rumah.

Capek juga ternyata naik sepeda setelah bertahun-tahun gak pernah naik sepeda. Dari rumah Kakak ke rumah jaraknya sekitar 4 km dan saya tempuh dalam waktu kira-kira setengah jam. Sampai rumah Mama bilang muka saya pucet banget. Hehehe.. Iya sih, tadi di jalan mata ini udah kunang-kunang berasa hampir pingsan.

Meskipun capek tetap senang. Akhirnya gowes lagi!!


1 comments:

Radhika Wisudaniar said...

Eciyeh yang masih punya sepeda... sepeda gue dong udah dijual karena ngga ada yang make... -____-"

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com