Pages

Saturday, September 12, 2015

Catatan Pengingat: Lulus USM D4 STAN

Alhamdulillah, postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelumnya tentang saya dan suami yang beberapa bulan lalu sedang mempersiapkan diri untuk ikut ujian masuk program DIV STAN (sekarang namanya berubah jadi PKN-STAN). Sekadar berbagi, saya mau cerita sedikit bagaimana proses mulai saya dan suami daftar USM D4 STAN, sampai tanggal 28 Agustus 2015 kemarin alhamdulillah pengumuman tahap kedua keluar, dan nama kami tercantum sebagai peserta yang lulus ujian masuk.

Entah mengapa saya ngerasa angkatan kami, generasi lahir tahun 90an ini mengalami banyak perubahan aturan dan sistem, khususnya untuk yang kuliah di STAN, yang lulus tahun 2011. Angkatan pertama yang lulus nggak langsung diangkat CPNS karena kena moratorium, angkatan pertama yang harus mengikuti tes lagi setelah lulus, mulai angkatan kami juga pendaftaran D4 yang biasanya Oktober, tiba-tiba maju jadi sekitar bulan April-Mei (mulai tahun 2014) sehingga saat itu kami belum bisa daftar D4 karena belum genap 2 tahun CPNS. Mulai angkatan kami juga yang mengalami USM D4 dengan 2 tahap ujian, yaitu tahap 1 TPA, Tes Subtantif Akademis, dan Tes Bahasa Inggris, dan Tahap 2 baru Psikotes. Yang luar biasanya, mulai angkatan kamilah kuliah D4 STAN diadakan di Kampus Purnawarman (Kampus STAN lama yang lokasinya di dekat Blok M), bukan di Kampus Jurangmangu... Hehehe... Angkatan kami memang "spesial", mudah-mudahan ada hikmah di balik semua ini...

1. Pendaftaran 

Pengumuman pendaftaran USM D IV dan D III Khusus keluar sekitar bulan Mei. Setelah Pengumuman BPPK keluar, hal yang harus kita lakukan adalah: 
1. Nunggu pengumuman keluar dari unit eselon 1 (untuk nentuin kita boleh daftar atau nggak, karena ada peraturan berbeda di masing-masing unit eselon 1) 
2. Mulai nyiapin persyaratan yang dibutuhkan, seperti surat pernyataan tidak sedang mengikuti pendidikan S1/mendapat beasiswa, surat tidak sedang dalam hukuman disiplin, surat pernyataan telah 2 tahun dari tugas belajar sebelumnya, surat keterangan sehat, dan SKPPNS (DP3) tahun terakhir
3. Ngumpulin materi buat belajar (TPA, TSA, dan soal-soal tahun sebelumnya)

Setelah pengumuman dari eselon 1 keluar, kita langsung mengikuti seleksi administrasi sesuai dengan yang telah ditentukan. Setelah lulus seleksi administrasi di eselon 1, kita tinggal mendaftar online di website stan.ac.id. Jika registrasi online sudah berhasil, maka kita sudah berhak mengikuti ujian tahap 1 yang jadwalnya udah ditentukan.

2. Persiapan Materi 

Saya dan suami sama-sama ngumpulin materi buat belajar persiapan ujian. Bahan-bahannya antara lain soal-soal D4 tahun-tahun sebelumnya (tapi menurut saya, sejak tahun 2012/2013 yang udah gak beredar lagi softcopynya, soal-soal TPAnya udah berubah), buku USM STAN reguler, materi TSA (Akuntansi, Manajemen Keuangan, Cost Accounting, dan Audit) kami belajar dari modul PSAK 2011 yang dibuat angkatan kami waktu mau menghadapi ujian kompre dulu. Alhamdulillah modulnya komplit, materi dari tingkat 1 ada semua. Selain itu materi tambahan saya belajar dari buku-buku teks jaman kuliah yang masih saya simpan (kalo ada materi yang kurang dari modul PSAK). 

Untuk Psikotes, saya baru belajar ketika sudah dinyatakan lulus tahap 1. Materi Psikotes yang diujikan yaitu:
1. Menulis Daftar Riwayat Pendidikan, karakter diri, pengalaman dalam bekerja yang paling berkesan, dan kelebihan serta kekurangan.
2. Tes Kepribadian (menjawab 90 soal pernyataan yang memilih salah satu dari 2 pernyataan yang paling sesuai dengan diri kita)
3. Tes menggambar (Wartegg Test), terdiri dari 8 kotak yang harus kita teruskan gambarnya, tes menggambar orang, tes menggambar pohon.
4. Tes hitung koran (Pauli), sebaiknya kita latihan juga di rumah biar nggak kaget waktu tes Pauli ini karena jika kondisi tidak tenang malah jadi buyar dan tidak konsisten.


3. Pelaksanaan Tes


Tes tahap 1 ini menurut saya yang paling menentukan. Ketegangannya juga kerasa banget. Tes hari pertama yaitu Tes Substantif Akademik yang terdiri dari 120 nomor. Bagian pertama akuntansi, lanjut mankeu dan cost accounting, terakhir auditing. Sedikit tips belajar dari tes saya kemarin, jangan terpaku dengan soal yang sulit, move on saja langsung ke soal-soal yang bisa kita kerjakan. Jujur soal materinya menurut saya lumayan susah, apalagi waktunya mepet dan hitung-hitungannya panjang, jadi harus benar-benar mengatur waktu. 


Tes hari kedua yaitu TPA dan Bahasa Inggris. Untuk TPA jumlah soalnya 120, sedangkan Bahasa Inggrisnya 60 soal. Waktu mengerjakannya dipisah, meskipun lembar jawabannya digabung. Jadi, setelah waktu TPA selesai, kita soal TPA kita langsung dikumpulkan, diganti soal Bahasa Inggris.

Sedikit tips n trik yang pernah saya dapat waktu dulu ikut bimbingan TPA, usahakan isi aja semua :)) meskipun ada sistem minus. Hihihi.. Kalo TPA kemarin menurut saya bagian awalnya itu susah, hitungannya panjang kalo kita nggak tau cara cepatnya. Padahal jawabannya cuma yang x < y, x > y, x=y, atau tidak ada yang benar. 

Untuk TPA kemarin awalnya saya baru ngisi 80an soal, tapi waktu selesai ngerjain Bahasa Inggris, saya tambahin menghitamkan beberapa soal TPA (tanpa ngeliat soal lagi karena soal udah dikumpulin), dan kemudian hati menjadi tenang karena LJK jadi lumayan penuh buletannya.... :')

Kalo tes Bahasa Inggrisnya menurut saya lumayan mudah. Ada 60 soal yang mirip-mirip soal TOEFL. Jadi latihan soal-soal TOEFL dan Bahasa Inggris dari buku USM D3 Reguler Insya Allah bisa.

Pengumuman Tes Tahap 1 kemarin nggak nyampe sebulan udah keluar. Alhamdulillah ada nama saya :") Berikutnya siap-siap buat Psikotes. Setelah searching-searching, kira-kita Psikotes adalah Pauli, Wartegg, dan tes milih pernyataan itu (kalo nggak salah namanya PAPI Test/tes personality). Nah untuk itu, saya belajar dari buku-buku psikotes aja. Latihan hitung koran, biar nanti waktu tes nggak kaget lagi dan jari sudah lentur :p. Selain itu, saya dan suami juga latihan menggambar. Bahkan suami sebelum berangkat pas hari-H, abis subuh masih aja latihan menggambar orang.

Dan alhamdulillah ternyata perjuangan kami berbuah manis, nama kami berdua masuk sebagai peserta yang lolos ujian Tahap 2. Alhamdulillah bisa kuliah lagi, meskipun siap-siap "mengencangkan ikat pinggang" karena tunjangan kami bakal dipotong selama tugas belajar ini.. Hehehehehe... :_(

Demikian, sedikit berbagi pengalaman ikut tes masuk D4 STAN Tahun 2015 ini, mudah-mudahan bisa bermanfaat. :)

Update 18 Maret 2016

Karena banyaknya permintaan untuk dikirimkan file materi dan soal-soal ujian D4 tahun-tahun sebelumnya, supaya lebih mudah link langsung saya cantumkan di bawah ini saja yaa.. Silakan didownload, semoga bermanfaat :)


Kumpulan Soal2 D4: https://drive.google.com/file/d/0B0xs7vDYLh2HSkhtN01YakVjdkk/view?usp=sharing
Materi Psikotes: https://drive.google.com/file/d/0B0xs7vDYLh2HYmc4cnJVblBNSms/view?usp=sharing

Untuk materi TSA, saya hanya ada hardcopy dari modul persiapan ujian kompre tahun 2011 yang dibuat oleh PSAK (Tim Sukses waktu angkatan saya).


98 comments:

Unknown said...

Assalamualaikum.. Kak, makasih ya infonya.. Bermanfaat banget. Dan selamat atas kelulusannya.. :). Kak, boleh minta materi2 buat TSA gak? Saya adik kelas kakak... Lagi pengen ngumpulin materi buat tes d3 khusunya hehe .

Ika Mustikawati said...

Waalaikumsalam.. alhamdulillah kalo bermanfaat :D Kalo TSA saya belajarnya dari buku dan modul materi waktu jaman tingkat 3 dulu. Tapi boleh tinggalin emailnya nanti saya email utk materi yg ada softcopynya :)

Unknown said...

Ini kak email saya, muhamadiqbalfauzi0@gmail.com dulu kakak jurusan apa? Saya d1 bc, gak ada matkul akun, apalgi manejemen hehe. Makasih ya kak.. Sukses selalu buat kakak+suaminya. amin.

Unknown said...

Oh iya kak, kalau soal d3 khusus sama d4 khusus sama ya? Kalau boleh.. Minta juga kumpulan2 soalnya kak.. Hehe

Unknown said...

minta kopi psak 2011 dong, makasih
dindomarian@gmail.com
081231800281

Unknown said...

ijin kak,minta materi untuk TSA,estimate.blood@gmail.com

Refleksie said...

Izin ngopi materi juga mba. Terimakasih
adn.addini@gmail.com

Refleksie said...
This comment has been removed by the author.
l said...

ijin copy materi kak, terima kasih
sanz.maulana@gmail.com

Unknown said...

Belum ada ke email saya kak.. Boleh minta kirimin lagi materinya kak?

indrasan said...

Selamat malam kak. Boleh minta contact personnya gak? Mau nanya

Ika Mustikawati said...

All: sudah saya kirim materi softcopy dan soal-soal yang saya punya, silakan cek email :)

Anonymous said...

Mba Ika boleh minta tolong kirim softcopy materi2nya juga ke mardi.suntoro@gmail.com ?

Barakallah mba, semoga ilmu yang mba bagi bermanfaat dan membawa berkah, amiin.

Unknown said...

Kak bisa bagi materi and softcopy ...hehe ringgobasri@gmail.com

Unknown said...

Kak bisa bagi materi and softcopy ...hehe ringgobasri@gmail.com

Unknown said...

Mba ika, boleh minta tolong kirimin juga ga softcopy materi2nya ke priskaamalia92@gmail.com
Terima kasih mba.. semoga mba dan suami selalu sukses :)

Gerry Michel said...

Slamat Pagi Mbak, boleh minta kirim materi D4 ke michelgerry@gmail.com

Trima kasih..

indrasan said...

mbak ika, saya boleh minta materi softcopy nya ya mbak. terimakasih indrasan180@gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum Wr. Wb.

Ucapan syukur patut saya haturkan ke hadirat Yang Maha Kuasa yang telah memberikan semangat untuk bersungguh-sungguh dalam berjuang dan juga menyediakan sarana perjuangan tersebut melalui Blog Itawakitsumaki yang inspiratif ini.

Perkenalkan Mb Ika, saya lulusan STAN 2012 yang telah mengabdi selama 2 tahun 3 bulan 7 hari ini dan tengah ditempatkan di KPP Wajib Pajak Besar/Madya.

Guna memperluas wawasan dan memperdalam pengetahuan, maka saya telah bertekad untuk bisa masuk dalam perburuan memperebutkan satu bangku di jenjang pendidikan yang lebih tinggi, untuk itu kiranya Mb Ika berkenan membagi soal-soal, bahan-bahan serta jejak-jejak keberhasilan masa lampaunya ke email saya di alfinsetiawan99@gmail.com

Atas bantuan dan dukungannya, saya akan selalu mencatat bahwa hari ini adalah tonggak kesungguhan saya dalam meraih cita :D.

Terima Kasih, Mb Ika, Semoga Sukses Selalu dalam meniti karir di dunia perpajakan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Unknown said...

Assalamualaikum wr. wb.Terimakasih atas sharing tips trik masuk D4 PKN STAN mbk, kebetulan sekarang saya sedang cari-cari materi buat persiapan Ujian D juga, sudilah kiranya mbk mau berbagi materi softcopy yang mbk punya. email saya HARY.PUTUT@GMAIL.COM
terimakasih atas sharingnya mbk, smg kesuksesan selalu bersama mbk Ika. Aamiin :))

Itawakitsumaki said...

All:
Wa'alaikumsalam wr.wb.

Aamiin.. Terimakasih atas doa-doanya, semoga kembali kepada kita semua. Silakan cek emailnya ya, materi sudah saya kirim. Semoga bermanfaat dan lulus ujiannya :)

Unknown said...

Alhamdulillah,

Sudah masuk bahan ujiannya.

Sekarang aku semakin percaya diri untuk menang dalam menghadapi pertempuran dengan amunisi yang semakin lengkap dan armada yang kuat.

Terima Kasih banyak Mb Ika :D.

jooks said...

assalamualaikum kk, boleh minta softcopy materi sm kumpulan soal2nya? terima kasih.. kirim ke mitachul100@gmail.com.. terima kasih ka

Unknown said...

Assalamu'alaikum Mba Ika.

Perkenalkan nama saya Yudhi, alumni D3 STAN tahun 2013. Saya mau minta kumpulan materi & soal-soal (kalau ada pembahasannya mau minta juga, mba). Alamat e-mail saya, yunto.26011413@gmail.com. Terima kasih, mba Ika.

Wassalamu'alaikum.

dandyms said...

Assalamualaikum.. boleh minta materi usm div nya mbak ke dandymuhammadsetiawan@gmail.com :)

Unknown said...

Assalamualaikum mba
boleh minta materinya ke harizul.h@gmail.com
terima kasih

l said...

assalamualaikum, maaf kak materinya belum ada di email saya... boleh dikirim ulang gak kak?
sanz.maulana@gmail.com

dea said...

Assalamualaikum mba, izin ikut minta materi DIV nya, bisa tolong kirim ke deanurkhairani@gmail.com ? terimakasih banyak sebelumnya, sukses selalu mba ika :)

Unknown said...

Kak, saya minta tolong di-email-in juga materi-materi persiapan DIV Stan-nya, ya, termasuk PSAK-nya :) Terima kasih banyak, Kak.

Ika Mustikawati said...

All: sudah dikirim ya, silakan cek email. Semoga bermanfaat :)

Unknown said...

Oh ya kelupaan, email saya: dedekfidelis@gmail.com Sekali lagi terima kasih, kak :))

Unknown said...

Assalamualaikum kak, izin meminta materi DIV nya. Saya sangat ingin mempersiapkan diri untuk tes tersebut. Email saya: twindajaya@gmail.com

Semoga kebaikan kakak dibalas oleh Allah SWT. Terima kasih.

Unknown said...

Assalamualaikum kak, izin meminta materi DIV nya. Saya sangat ingin mempersiapkan diri untuk tes tersebut. Email saya: twindajaya@gmail.com

Semoga kebaikan kakak dibalas oleh Allah SWT. Terima kasih.

l said...

alhamdulillah
materi ujiannya sudah saya terima,
terima kasih banyak mba ika :)

Unknown said...

Selamat siang kak, mohon ijin untuk dapat mengirimkan materi-materi untuk mengikuti D-IV ke alamat email: blueisnotwhite@gmail.com. semoga sukses selalu dalam segala aspek kehidupannya. terima kasih

kpknl said...

Assalamu'alaikum mbak, saya juga mau materinya,
f.lathoiful@gmail.com
Doain kita semua ya mbak yg ingin masuk DIV semoga tercapai semua aamiin
terima kasih sebelumnya mbak :)

lives with love said...

Siang mb , saya juga mau ya materi usm d4 nya, ke liveswithlove@gmail.com ..smoga mba lancar selalu kuliahnya ..amin

Zain ShoFu said...

Assalamu'alaykum....
maaf mbak, boleh minta materinya juga ke zainshofu@gmail.com
Semoga diberikan kelancaran dalam menjalani kuliahnya :)

gilang said...

Assalamualaikum,

saya juga boleh minta softcopy materi TSA ny mb? email saya e.dnggilang@gmail.com

terima kasih sebelumnya mb :D

Mangasi said...

Selamat siang Mba, mohon izin minta bahan usm d4 nya, ke mangasisimanjuntak3@gmail.com.
Semoga Mba diberikan kelancaran dalam perkuliahannya, terima kasih.

Mangasi said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Assalamualaikum wr. Wb
Maaf mba, boleh minta materi TSA nya mba ? Email saya aziz4935@gmail.com.

Semoga kebaikan mba di balas oleh ALLAH SWT amin.

Wassalamualaikum wr. Wb

Unknown said...

ijin senior, ane lulusan 2012 nih ka, emang joss lah generasi 90an ini, nganggur setahun (tanpa kejelasan) lontang-lantung gak jelas ke KAP KKP perusahaan2 demi seonggok umr, tambah lagi ada TKD yang nentuin mau ditempatin kmn seakan kuliah 3thun tak berarti,hehehe tapi tetep yakin selalu ada hikmah (y) :)

angkatan ane baru boleh ikut dIV stan tahun ini nih ka, mohon doa moga bisa mengikuti jejak kakak senior ini, aamiin :)

boleh dong ka minta bahan2 terkait ujian dIV stan nya, mymail: ahmadmuchlasin@gmail.com, jazakillah khoir ka

Pepe said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Assalamualaikum kaka, bolehkah saya minta softcopy materi2nya. Terima Kasih banyak :)

indraher22@gmail.com

Unknown said...

Assalamu'alaikum kak, boleh minta softcopy materi dan kumpulan soal2nya kak? buat persiapan d3 khusus tahun depan, semoga bisa menyusul tahun depan. makasih sebelumnya kak :D

rhmdfitra@gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum kak,
saya boleh minta softcopy materinya kak? kalo boleh, ini email saya kak citrasiska88@gmail.com
terima kasih banyak kak

Erika Lusiani said...

Selamat siang mba ika, boleh minta softcopy materi n kumpulan soalnya mba? buat persiapan D3 khusus, ini email saya erikalusiani@gmail.com makasih sebelumnya mba, semoga diberikan kelancaran dalam perkuliahannya..

Unknown said...

Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh mbak ika.
Terima kasih sebelumnya atas tips dan triknya buat masuk DIV STAN.
Perkenalkan saya Aditya Eka Maulana kak alumni STAN 2012. InsyaAllah tahun ini sudah bisa ikut test DIV kembali kak. Jika berkenan saya juga ingin sekali minta file file belajar kak ika. Email saya adityaekamaulana15@gmail.com

Terima kasih banyaak banget buat sebelumnya kak
Barakallahu buat tugas belajarnyaaa ya kak ika

Unknown said...

Assalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh mbak ika.
Terima kasih sebelumnya atas tips dan triknya buat masuk DIV STAN.
Perkenalkan saya Aditya Eka Maulana kak alumni STAN 2012. InsyaAllah tahun ini sudah bisa ikut test DIV kembali kak. Jika berkenan saya juga ingin sekali minta file file belajar kak ika. Email saya adityaekamaulana15@gmail.com

Terima kasih banyaak banget buat sebelumnya kak
Barakallahu buat tugas belajarnyaaa ya kak ika

CORETAN SANG WAHYU said...

Assalamu Alaium mbak ika, selamat dan semoga berberkah. boleh minta sofcopy materinya mbak ya, wahyuddin.maulana@gmail.com . terima kasih mbak.

Unknown said...

Assalamu'alaikum Mbak Ika. Ingin mengikuti jejakmu mbak. Bolehkan minta softcopy materinya? Kalau berkenan dikirim ke email doubleaminus@gmail.com. Terima kasih mbak:)

Refita Putriana said...

Assalamualaikum mbak ika. Boleh bagi materinya juga? Terima kasih banyak sebelumnya
Refi.syhd99@gmail.com

fajar said...

Assalamualaikum mbak ika. Boleh bagi materinya juga? Terima kasih banyak sebelumnya
fhdayat@gmail.com

Unknown said...

Assalamualaikum mbak ika.
Saya fachry lulusan stan 2009. Insya Allah tahun ini mau daftar D4
Boleh bagi materinya juga? Terima kasih banyak sebelumnya
chairul.fachry@gmail.com
Jazakallah khairan katsiran

Unknown said...

Maaf maksud saya angkatan 2009, lulusnya 2012 :)

Rohis Festival for Palestine said...
This comment has been removed by the author.
Anonymous said...

Assalamualaikum mbak ika. Boleh bagi materinya juga? Terima kasih banyak sebelumnya
elsanuraya@gmail.com

Unknown said...

Assalamu'ailakum Mba Ika, terima kasih atas sharing pengalamannya mengikuti ujian D4 STAN. Perkenalkan saya Iman Alumni STAN 2012. Saya sedang mencari materi dan soal ujian D4 STAN, jika Mba berkenan tolong kirim materi dan soal ujian D4 STAN ke alamat email saya trisulaiman@gmail.com. Terima kasih mba, semoga dilancarkan kuliahnya dan semoga Allah membalas kebaikan mba.

Unknown said...

assalamualaikum mbak ika. boleh minta materinya juga gak mbak? makasih banyak sebelumnya ya mbak. meyszam@gmail.com

Unknown said...

assalamualaikum mbak ika, terima kasih buat sharingnya, tahun ini insyaallah punya kesempatan untuk kuliah lagi mohon bagi materi TSA nya kak, boleh ya.. ini emalku aida.munyati@gmail.com , terima kasih sebelumnya ya mbak :D

Ricky Wijayay said...

Ceritanya inspiratif banget..
Boleh jg bagi materinya tsa mba ika?? rickyteww@gmail.com ..
Mksh ya mba.. semoga kuliahnya lancar dan sukses...

Unknown said...

Assalamualaikum wr.wb
Mohon izin mba, kalau berkenan bolehkah saya minta materi TSA nya? saya dari prodip 1 bea cukai kebetulan mau mencicil belajar akuntansi dari sekarang hehe. ini email saya: hanifahabu1@gmail.com terimakasih sebelumnya dan semoga lancar kuliahnya mba :)

Unknown said...

Assalamualaikum mba ika,
terimakasih sudah berbagi pengalaman mba, taun insya Allah kesempatan saya buat lanjut kuliah. jika berkenan boleh minta materinya mba mohon dikirimkan ke email:puadhasyim19@gmail.com. terimakasih banyak mba, semoga ilmunya semakin bertambah dan bermanfaat untuk orang banyak. amin.

Anonymous said...

Terimakasih sharingnya mbk, membuka wawasan dan motivasi untuk lanjut d4.

kalo boleh sy jg minta materi d4 mbk. tolong dikirim ke yudo.sma1komet@gmail.com kalau mbk berkenan.

terima kasih.

Unknown said...

Mbak Ika, saya pengen banget masuk pkn stan tahun ini dan lanjut sampek DIV. saya juga mau minta softcopy materinya. Kirim ke email saya varista16@gmail.com Terimakasih
Semoga Mbak Ika sukses selalu dengan keluarganya dan diberi kemudahan oleh Allah SWT. Amiinn

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Abdul Latif said...

Assalamualaykum Mbak,kalo berkenan, boleh dikirimkan materi DIVnya juga ke abdullatif3105@gmail.com.
Terima kasih sebelumnya.

Unknown said...

Ijin kak, klo diperkenankan dikirimkan softcopy nya juga ke email Jerry.Alpandri@gmail.com , makasih sebelumnya kak.

Unknown said...

Mbak, bagi soalnya dooong
ke trihadiputra@gmail.com


makasih :D

jack hutasoit said...

kak, saya junior di stan (skrg pkn stan),

boleh lah dibagi soal2nya ya kak,
alamat email : jackhutasoit007@gmail.com

makasi ya kak uda di share

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
bayu INSURGENT said...

Assalamualaikum wr wb
Perkenalkan nama saya Bayu. Mohon izin mbak bolehkah dikirimkan materi2 dan latian yg mbak pelajari untuk persiapan D IV STAN, kalo boleh dikirim ke email saya mbak, bayu.pamungkas8@gmail.com
terima kasih..
wassalamualaykum wr wb

bayu INSURGENT said...

Assalamualaikum wr wb
Perkenalkan nama saya Bayu. Mohon izin mbak bolehkah dikirimkan materi2 dan latian yg mbak pelajari untuk persiapan D IV STAN, kalo boleh dikirim ke email saya mbak, bayu.pamungkas8@gmail.com
terima kasih..
wassalamualaykum wr wb

Ika Mustikawati said...

All: Waalaikumsalam wr. wb.
Makasih semua atas doa2nya.. Karena ternyata banyak respon yang meminta dikirimkan file soal-soal dan materi, silakan langsung download dari link yang sudah saya update di postingan di atas yaa... Untuk TSAnya mohon maaf saya cuma ada hardcopy berbentuk modul persiapan ujian kompre tahun 2011.

Semoga lulus dan sukses semuanyaa.. :)

Mide said...

makasih mbak :)

Unknown said...

permisi mbak materi yang disampaikan sungguh bermanfaat bagi sya...
mohon bantuannya agar bisa mengikuti jejak mbak ika lulus usm stan d4. mohon dikirim materinya ke kppmatim@gmail.com ya mbak makasi sebelumnya

Itawakitsumaki said...

Bisa langsung didownload dari link ini yaa..

Kumpulan Soal2 D4: https://drive.google.com/file/d/0B0xs7vDYLh2HSkhtN01YakVjdkk/view?usp=sharing
Materi Psikotes: https://drive.google.com/file/d/0B0xs7vDYLh2HYmc4cnJVblBNSms/view?usp=sharing
TPA-Bahasa Ingris: https://drive.google.com/file/d/0B0xs7vDYLh2HU1poVWl0dkpFQWc/view?usp=sharing

Itawakitsumaki said...
This comment has been removed by the author.
ARI said...

Assalamualaikum. Sangat bermanfaat sekali mbak.terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum. kak, kalo boleh saya juga minta Softcopy materi TSAnya. email saya Rezazlkrn@gmail.com
terimakasih kak mohon bantuannya :)

Unknown said...

Assalamu'alaikum. kak, kalo boleh saya juga minta Softcopy materi TSAnya. email saya kjavaloka@gmail.com
terimakasih kak mohon bantuannya :

Unknown said...

saya dari d1 bc mau lanjut ke d3 khusus insyallah

fanny chandra permana said...

Siang kak, boleh mnta soal tsa nya? Kirim ke vanjoel.permana@gmail.com.
Terima kasih

Unknown said...

Assalamu'alaikum mba. Sya lulusan d1 stan makassar. Rencana tahun ini mau ikut ujian d3 khusus stan. Tolong bantuannya mbak, klo boleh saya minta softcopy materi dan soal dari mbak buat menambah amunisi. Boleh dikirimkan ke alvian_ranggi@yahoo.com
Terima Kasih atas bantuannya. Semoga sukses selalu. Amin

raina said...

Siang kak, boleh mnta soal tsa nya? email saya: firsttripfebruary@gmail.com kak.
Terima kasih

Unknown said...

salam kenal kak, saya ajir, rencananya mau ikut DIV juga untuk 2017..
jika kk berkenan, bolehlah materi TSA nya dikirim juga ke email saya..
alamatnya, muha.sutisna@gmail.com.
terima kasih

Beautflchaos said...

salam kenal kak.. saya boleh minta materi TSA nya kak?
email saya efikasrgh@gmail.com
terima kasih banyak kak..

Anonymous said...

Click to join our website ..
)) HTTPS://WWW.SiLEBOOK.COM ...
wITH GREAT FEATURES ..,..
THANKSSS

Dinda Ku said...

Halo mbak... saya juga sangat ingin bisa masuk DIV PKN STAN, kalo boleh mau minta materi TSA nya mbaa, email saya yafidinda@gmail.com

dronno said...

Kak saya boleh minta softcopy materi dan soal TSAny kak email saya elgadestrafiana@gmail.com

irine ayudia said...

Assalamualaikum kak
Kak saya iren boleh minta softcopy materi dan soal TSA nya kak ke email saya rineay9@gmail.com
Untuk persiapan tes d4 khusus kak makasihhhhh

Windi Lestari said...

Assalamualaikum kak

saya Windi, kak boleh minta softcopy materi dan soal TSA nya kak, email saya windilestari322@gmail.com

untuk persiapan d4 kak, terimakasih

Dyah Ayu Kurniadarda said...

kak mau share materi TSA nya juga kalo boleh dardaak95@gmail.com , terimakasih

Unknown said...

ikut meninggalkan jejak juga semoga dapat mengikuti jejak mbak Ika dan misua... aamiin

boleh dong yg ada share yg soal2 USM DIV khususnya yang ujian substantif (Ak. keu, Mankeu,Cost, Audit)

Unknown said...

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.. Kak, makasih ya infonya.. Bermanfaat banget. Dan selamat atas kelulusannya.. :). Kak, boleh minta izin akses materi2nya kak? email saya 1302170325.rumaisahmusfiroh@gmail.com , Lagi pengen ngumpulin materi buat tes d4 tubelnya hehe, mohon doanya juga ya kak, semoga kakak dan semuanya sehat dan sukses selalu aamiin...

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com