Pages

Tuesday, March 5, 2013

Satu Tahun "Diperban"

Siang hari yang panas. Seperti biasa, tugas saya saat itu pergi ke Bank untuk melakukan transaksi rutin dari perusahaan. Sekitar pukul 2 siang. Biasanya Bank yang saya datangi secara rutin hanya 2 bank saja. Namun, siang itu ada 1 tambahan Bank yang saya datangi karena saya harus mengkonfirmasi jumlah saldo di rekening perusahaan. 

Saya berdiri di antrean yang cukup lama, meskipun tidak terlalu panjang. Tiba-tiba saya dikagetkan oleh kabar (menyenangkan, yang sangat ditunggu saat itu) dari teman saya, bahwa penempatan instansi telah keluar. Langsung saya cek grup fb, ternyata benar, sudah ada pengumuman penempatan. Akan tetapi, saya tidak bisa membukanya karena format pengumuman berupa file pdf. Saya langsung telepon si Pam2. "Kamu Pajak, Aku juga Pajak" (njiyeeee..). Alhamdulillah, ternyata sejak tanggal 21022012 saya telah dipungut oleh sebuah keluarga baru, Keluarga besar Direktorat jenderal Pajak.

picture taken from here

Selanjutnya ternyata Niun penempatan di Bapepam, Nenek di BPKP. Legaaa penempatan instansi yang ditunggu sekitar 5 bulan sejak wisuda akhirnya keluar juga. Angkatan kami sangat bersyukur dan bersukacita.

Tanggal 29 Februari 2012, kami yang ditempatkan di DJP berkumpul di Kantor Pusat untuk mendaftar ulang dan menyerahkan Daftar Riwayat Hidup. Esok harinya, tanggal 1 Maret 2012 seluruh calon pegawai baru Kementerian Keuangan dikumpulkan di Aula Dhanapala Gedung Kantor Pusat Kementerian Keuangan untuk mengikuti kegiatan Orientasi Pegawai Baru. Acara dimulai sejak pagi sampai sore hari. Saat itu kami bangga sekali karena telah "diakui" menjadi bagian dari Kementerian Keuangan.

Tanggal 2 Maret 2012, calon pegawai baru DJP berkumpul di Kantor Pusat DJP untuk mengikuti Orientasi Pegawai Baru Khusus DJP. Di akhir acara, kami diberikan surprise bahwa mulai tanggal 5 Maret (esok Seninnya) kami sudah mulai magang di kantor yang terlah ditentukan. Inilah awal dari sebuah kisah Pegawai Diperbantukan :')

***


Hari Senin, 5 Maret 2012 saya sudah tiba di kantor ini jam setengah 7 pagi, mengenakan pakaian putih-hitam. Bukan kali pertama saya menginjakan kaki di kantor ini, karena sebelumnya saya pernah ke sini untuk tugas kepanitian kampus meminta donasi dari alumni. Celingak-celinguk saya mencari sosok yang celingak-celinguk juga (pasti anak baru begini gelagatnya). Akhirnya saya bertemu 2 orang teman magang lagi, yaitu Dino dan Bayu. Kami bertiga menunggu sampai sekitar pukul 07.30 untuk menuju ke Subbag Umum. 

Sampai Ruang Subbag Umum, kami bertemu dengan Pak Kasubbag, kami disuruh menunggu di depan mejanya. Tik..tok..tik..tok.. (Kalo si Dino selalu bilang, eh inget gak waktu pertama ke sini kita dicuekin lama banget sama si Bapak..) Hahaha.. Gak dicuekin juga sih, tapi si Bapak itu sedang sibuk, sampai kami yang di depan mejanya nggak diajak ngomong sama sekali -__-" 

Setelah si Bapak selesai dengan pekerjaannya, baru kami ditanya. Kami jelaskan bahwa kami lulusan STAN, yang penempatan di DJP dan mendapat penempatan magang di sini. Kemudian kami langsung dibawa ke seksi pelayanan oleh seorang pegawai Subbag Umum. "Sementara kalian penempatan di Seksi Pelayanan dulu yaa, karena bulan Maret sedang sibuk-sibuknya di Pelayanan".

Mulai saat itu, gunungan SPT setinggi 1 meter sudah menjadi makanan sehari-hari bagi saya dan Dino (si Bayu dipungut ke TPT jadi petugas NPWP). Kami menyortir SPT untuk dikirimkan ke KPP-KPP di seluruh Indonesia :'). Setelah "peak season" SPT berakhir, kami melaksanakan kegiatan On the Job Training, rotasi ke tiap seksi untuk mempelajari SOP-SOP di seksi tersebut. Setelah OJT selesai, kami pun ditempatkan sementara. Saya di Subbag Umum, sampai sekarang, Bayu tetap di NPWP, dan Dino di back office Pelayanan.
***

Hari ini, 5 Maret 2013 officially saya sudah setahun menjadi Pegawai Diperban-tukan. Suka duka telah dilewati. Dari awalnya celingak-celinguk di kantor ini, sekarang sudah deket banget, seperti sudah kenal bertahun-tahun :D. Berita baiknya, sejak 1 Oktober 2012 sebenernya status Pegawai Diberbantukan sudah berubah menjadi CPNS, hanya saja SKnya baru keluar bulan ini. Oh iya, kabar baik lainnya 2 minggu lagi saya akan mengikuti Prajabatan. Alhamdulillaah.. Semoga rapelan yang lain-lain yang kami tunggu akan segera keluar juga.

Satu tahun diperban itu nggak selalu menyedihkan dan nggak selalu menyenangkan. Lakukan apa yang bisa dilakukan, sambil menunggu "perbannya" dilepas dan kita bisa berlari lagi. :)))



*Diperban=Pegawai Diperbantukan

2 comments:

Anonymous said...

ternyata udah setahun aja ya,neng, kita kerja tapi masih teteup diperban, ahahaha..
semoga perjalanan kita ke depan semakin lancar jaya ya, neng. aamiin. :)

Unknown said...

Wah asik nya sudah resmi jadi PNS, semoga makin sukses karir nya bu, salam teman SMA lu dlu :)

My Blog,
http://www.thedreamerblog.com

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com