Pages

Monday, May 9, 2011

Kuliner Joglo dan Sekitarnya #1: Es Krim Goreng

Sebenernya udah lama banget mau nulis tentang jajanan atau kuliner favorit saya di sekitar kediaman saya, di daerah Joglo, Jakarta Barat. Nah, tadi siang kebetulan saya mampir ke salah satu tempat jajan favorit saya, yaitu es krim goreng, jadi sekalian aja kali ini saya posting di blog ini.

Es krim goreng? Nah lhoh, gimana tuh bentuknya? Es krim terus digoreng? Meleleh dong? Nggak dingin lagi dong? Tenang, kali ini saya akan bahas tentang eskrim goreng favorit saya itu.

Yang dimaksud es krim goreng di sini yaitu es krim yang dimasukkan ke dalam roti tawar yang dilipat segitiga, dibaluri tepung roti, kemudian digoreng. Agar es krimnya tidak meleleh, dibutuhkan waktu tertentu untuk menggorengnya dengan cepat.

Pertama kali kita lihat mungkin akan sedikit bingung mencari di mana es krimnya karena kita hanya disuguhi roti goreng yang masih hangat dengan parutan keju yang menggunung. Hmmm... Tapi jangan kelamaan bingungnya, lekas potong roti tersebut dan kita akan menemukan kejutan di dalamnya: es krim yang masih beku, tidak meleleh sedikit pun.

Es krim rasa special fruit (kiri) dan nepo (kanan)

Es krim yang disediakan terdiri dari beberapa pilihan rasa yaitu vanila, coklat, nepo (campuran vanila, coklat, stroberi), special fruit (anggur, jeruk, stroberi), dan stroberi. Toppingnya pun dapat kita pilih sesuai selera, mulai dari susu, keju, selai, maupun coklat.

Harga es krim goreng ini bervariasi, mulai dari Rp10.000 untuk yang topping susu, Rp11.000 untuk topping susu dan keju, dan harga lain sesuai pilihan topping kita.

Topping kejunya nggak nanggung :9

Es krim goreng favorit saya ini berlokasi di Jalan Mawar, Komplek Larangan Indah. Tempatnya bernama "Mela Es Krim Goreng". Konon kata Ibu pemilik kedai ini, Mela itu merupakan nama kucing peliharaan mereka :D.

Letak Mela Es Krim Goreng memang cukup sulit dicari karena berada di perumahan. Akan tetapi, letaknya tidak jauh dari Kantor Kecamata Larangan dan kita dapat bertanya pada tukang becak yang banyak mangkal di gang Jalan Mawar.

Selain menjual es krim goreng, mereka juga menjual spagheti, es pop ice, dan snack-snack lainnya. Kedai yang hanya berupa garasi rumah ini cukup terkenal di kalangan anak sekolah dan mahasiswa di daerah Larangan. Meskipun tempatnya yang sederhana, kita tetap dapat merasakan es krim goreng yang unik dan tidak ada duanya. :)

0 comments:

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com